Sabtu, 01 Maret 2014

Growth Mindset & Kesungguhan 24 Karat



Jurnal refleksi pribadi Minggu 1

Dari pembelajaran minggu 1 tentang Growth Mindset ada beberapa point yang sangat berkesan dan menjadi insight bagi saya:

Pertama, bahwa akar atau pusat dari pertumbuhan dimulai dair mindset. Selama ini saya sudah paham bahwa seseorang dapat berubah apabila ia berubah dahulu dalam hal pemikirannya. Ketika perubahan pikiran atau mindset ini dikaitkan dengan pertumbuhan usaha, pemahaman saya lebih mendasar dan mendalam bahwa tanpa perubahan mindset atau memiliki mindset bertumbuh maka sulit atau tidak dapat bertumbuh. Ternyata dalam mindset ada yang bersifat fixed dan ada yang growth mindset. Wah saya semakin mengerti lagi setelah mendapat penjelasan dari Pak Ciputra, Pak Antonius dan Pak Nur Agustinus.
Kedua, apa yang disampaikan oleh Pak Dahlan Iskan, tentang memulai usaha dan mengerjakannya dengan “sungguh-sungguh”. Pak Dhalan memberikan penekanan pada kata “sungguh-sungguh” seperti tingkatan emas, ada yang 24 karat, 22 karat, 20 karat, dan 18 karat. Kalau memulai usaha dan mengerjakan usaha dengan kesungguhan 18 karat tentu tidak akan berhasil, demikian juga dengan kesungguhan 20 karat dan 22 karat, mungkin bisa berjalan sedikit tetapi belum maksimal. Ketika seseorang mengerjakan usaha dengan kesungguhan 24 karat pasti berhasil. Sering kali kita sudah mengatakan memulai dan berusaha dengan sungguh-sungguh tetapi gagal. Kemungkinan kesungguhan yang demikian belum 24 karat. Kesungguhan 24 karat, pastilah berhasil.

Demikian releksi saya dari pembelajaran minggu 1. Salam Entrepreneur!

D. Franklyn Purba

0 komentar :

Posting Komentar