Minggu, 09 Maret 2014

Refleksi Minggu 2

Refleksi Strategy to Grow

Memasuki materi minggu kedua ini saya mendapatkan beberapa point penting agar usaha dapat bertumbuh - bertumbuh 100 kali bangkan lebih - scale up, yaitu:
1. Setia dan bertekun mulai dari hal yang kecil, teguh dan sungguh-sungguh mengembangkan dari awal.
2. Dapat membangun kepercayaan dari pihak lain, bisa partner bisnis bisa juga dari costumer.
3. Setia, tekun, sungguh-sungguh serta dapat dipercaya akan diikuti oleh pintu-pintu yang terbuka yang akan melipagandakan usaha.
4. Dalam membangun usaha yang suntainable, tidak boleh berpikir hanya pada profit tetapi jauh lebih dari itu adalah harus berfaedah bagi semua stakeholder karena bisnis merupakan sebuah network (jejaring) artinya bisnis tidak dapat berdiri sendiri tanpa pemasok, pekerja, dan pelanggan.
5. Dalam start up dan scale up harus tahu medan pertempuran bisnisnya (tantangan-tantangannya) dan juga harus tahu bisnis where is the better future-nya.
6. Agar mampu bertahan dan memenangkan persaingan, sebuah usaha harus terus berinovasi untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan, yang disebut sebagai differentiation.
7. Dalam scale up jangan monoton pada bisnis model tertentu, tetapi harus mencoba model bisnis yang baru yang dapat menjadi batu loncatan besar dalam perkembangan usaha, kuncinya melihat peluang untuk bermitra dengan pihak yang tepat.
8. Dalam scale up ada tiga tantangan yang harus dikuasai, yaitu akses kepada SDM yang well qualified, akses kepada market, dan akses kepada modal; ketika ketiga tantangan ini bisa diatasi dan dimenangkan, maka scale up pasti sukses.
9.Dalam scale up hal lain yang sangat strategis adalah membangun kompetensi seluruh insan perusahaan, karena persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis yang semakin ketat adalah persaingan kompetensi, bukan persaingan barang atau jasa; sehingga agar usaha dapat mengalami scale up yang mantap maka perlu membangun budaya perusahaan dengan mengelola knowledge.
10. Dalam scale up setiap usaha harus mencari informasi, inspirasi, dan kemudian inovasi dari pelanggan; setiap masalah adalah peluang, dengan demikian dibutuhkan solusi kreatif dan inovatif dengan memperhitungkan dan mengelola risiko yang mungkin terjadi.
11. Sama seperti makhluk hidup, setiap usaha juga punya siklus hidup. Agar usaha suntainable maka strategi pada setiap tahapan pertumbuhan tidak boleh dipukul rata, tetapi harus memperhatikan karakteristik pertumbuhannya masing-masing, supaya risiko yang mungkin terjadi dapat dikelola dan dikendalikan.

Demikian beberapa point refleksi materi Strategi to Grow. Salam Entrepreneur!

0 komentar :

Posting Komentar